LAPORAN
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar
Kelas V SD Dalam Mata Pelajaran PKN Dengan Menggunakan Media Pembelajaran
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu
Tugas Mata Kuliah IDIK 4008 Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Disusun Oleh :
NIA KURNIAWATI
NIM : 825259923
PROGRAM S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UPBJJUT – SERANG
2016
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar
Kelas V SD Dalam Mata Pelajaran PKN Dengan Menggunakan Media Pembelajaran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dunia
pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dapat
mempengaruhi manusia dalam semua aspek kepribadian. Pendidikan memiliki
kekuatan yang dynamism melalui wadah ini seseorang dapat mengembangkan potensi
yang dimilikinya secara optimal. Berbicara mengenai pendidikan itu sendiri
antara lain guru dan siswa melalui suatu proses pembelajaran akan mendapat
hasil dengan baik. Apabila guru mampu dan mau menguasai berbagai kemampuan
untuk dapat mengembangkan diri secara professional.
Penggunaan
media dan metode pembelajaran yang dipilih guru, merupakan salah satu cara
meningkatkan kualitas pembelajaran, kualitas pembelajaran akan meningkat jika
guru mampu menciptakan kondisi belajar yang aktif, kreatif, dan mengefektifkan
komunikasi guru dan siswa menggunakan media pembelajaran yang tepat.
Namun,
kenyataan menunjukkan bahwa penerapan metode dan penggunaan media yang tepat
belum tampak diterapkan secara optimal. Hal ini ditunjukkan oleh tindakan guru
pada saat mengajar, guru hanya menggunakan buku pegangan yang ada dan hanya
mengandalkan metode ceramah, tanpa menggunakan media yang sesuai dengan materi.
Akibatnya keaktifan, partisipan, dan hasil belajar siswa menjadi rendah.
Keaktifan
dan hasil belajar yang rendah, khususnya pada mata pelajaran PKN, dapat
ditinjau dari beberapa aspek, yaitu aspek internal siswa yang meliputi sikap,
motivasi belajar, konsentrasi, kebiasaan dan cita-cita siswa. Sedangkan aspek
eksternal yaitu guru, sarana dan prasarana, kebijakan penilaian, lingkungan
sosial dan kurikulum sekolah. Karena rendahnya keaktifan siswa kelas V SD,
khususnya pada mata pelajaran PKN, maka dilaksanakanlah penelitian kelas (PTK)
dengan judul : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Kelas V SD dalam mata PKN
dengan menggunakan media pembelajaran.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas, maka penelitian ini difokuskan pada permasalahan
pokok sebagai berikut :
1.
Apakah penggunaan media pembelajaran
yang tepat dapat meningkatkan keaktifan belajar PKN pada kelas siswa kelas V SD
?
2.
Apakah penggunaan media pembelajaran
yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa pada mata
pelajaran PKN ?
C. Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
adalah sebagai berikut :
1.
Untuk mengatahui peningkatan keaktifan
belajar setelah penerapan metode dan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran
PKN.
2.
Untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar setalah penerapan metode dan penggunaan media seperti gambar pahlawan,
pakaian adat, gambar seni budaya, dalam pembelajaran PKN.
D. Manfaat
penelitan
1.
Bagi Siswa
Dari
penelitian ini siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna,
sehingga siswa lebih antusias, kreatif dan termotivasi dalam mengikuti
pelajaran, sehingga hasil belajar lebih meningkat.
2.
Bagi Guru
Guru
dapat memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, sehingga dapat menimbulkan rasa
puas dengan hasil pembelajaran yang meningkat, serta langkah-langkah
pembelajaran lebih baik dalam menentukan metode, strategi dan pendekatan
pembelajaran yang tepat dengan materi yang disampaikan kepada siswa.
3.
Bagi Orang Tua Siswa
Hasil
penelitian ini dapat dijadikan dasar bahwa betapa pentingnya perhatian orang
tua dengan aktivitas dan prestasi belajar putra-putrinya. Dengan demikian, akan
menggugah hati orang tua siswa untuk berprestasi aktif dalam rangka
mensukseskan pendidikan putra-putrinya.
4.
Bagi Sekolah
Hasil
penelitian diharapkan dapat menjadi informasi berharga bagi kepala sekolah
untuk mengambil suatu kebijakan yang paling tepat dalam kaitan dengan upaya
menyajikan strategi pembelajaran yang efektif dan efesien disekolah.
BAB
II
RENCANA
DAN PROSEDUR PENELITIAN
A. Subjek
Penelitian
Subjek
penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Rawa
Gempol Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, sebanyak 23
Siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki dengan latar
belakang dan kemampuan yang berbeda, siswa SDN Rawa Gempol ini rata-rata beusia
10-11 tahun.
1.
Lokasi Penelitian
Penelitian
ini direncanakan akan dilaksanakan di SDN Rawa Gempol Kecamatan Sepatan Timur
Kabupaten Tangerang Provinsi Banten yang merupakan salah satu sekolah dasar
yang berada dipedesaan yang jauh dari keramaian ibukota.
Penelitian
direncanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 selama dua bulan,
waktu tersebut dimulai dari tahap laporan yang dimulai dari 2 siklus.
2.
Mata Pelajaran
Mata
pelajaran yang akan dilakukan penelitian adalah mata pelajaran yang Pendidikan
Kewarganegaraan. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa proses dan hasil
belajar PKN. Tentang wilayah Negara republik
Indonesia di SDN Rawa Gempol masih rendah atau belum optimal.
B. Prosedur
Penelitian
1.
Pendekatan dan jenis penelitian
Pendekatan
ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang tediri dari beberapa
siklus diantaranya : Prasiklus, Siklus 1 dan Siklus 2 yaitu Pelaksanaan,
Pengamatan, dan Refleksi.
Perencanaan
Siklus I
|
Perencanaan
Siklus II
|
Pelaksanaan
Siklus I
|
Pelaksanaan
Siklus II
|
Refleksi
Siklus I
|
Refleksi
Siklus II
|
Obeservasi
dan
|
Observasi
dan
|
Evaluasi
Siklus I
|
Evaluasi
Siklus II
|
a. Perencanaan
Siklus / Perencanaan Tindakan
Berdasarkan temuan yang diperoleh,
disusun perencanaan perbaikan pembelajaran. Pada tahap ini hal-hal yang perlu
disiapkan adalah sebagai berikut :
1. Perencanaan
perbaikan rencana pembelajaran (RPP)
2. Pengembangan
Materi
3. Menyiapkan
media pembelajaran
4. Menyusun
intsrumen penelitian
b. Pelaksanaan
Siklus / Pelaksanaan Tindakan
Kegiatan yang dilakukan dalam
tahapan tindakan ini adalah sebagai berikut :
1. Mengucapkan
salam dan mengecek kehadiran siswa
2. Menyampaikan
apresiasi terkait materi pembelajaran
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran pembelajaran
4. Menyampaikan
materi dengan menggunakan alat peraga
5. Memberikan
bimbingan kepada siswa
6. Memberikan
kesempatan untuk bertanya kepada siswa
7. Mengevaluasi
proses dan hasil belajar siswa melalui lembar observasi
8. Melaksanakan
evaluasi akhir
9. Bersama
siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan
10. Menutup
pelajaran dan memberikan tindak lanjut.
2. Observasi
dan Evaluasi
Observasi
dilakukan selama tindakan berlangsung dari awal sampai akhir. Observasi
bertujuan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ditemukan bisa dijadikan
sebagai pedoman dalam tindakan berikutnya agar tidak terjadi kesalahan yang
sama.
Evaluasi dilakukan setelah tindakah
berlangsung, evaluasi bertujuan untuk mengetahui nilai siswa berdasarkan
pedoman criteria penilaian.
Hasil yang diperoleh ini dapat
dijadikan umpan balik dalam menentukan rencana selanjutnya. Obesrvasi dapat
dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a. Mengamati
seluruh proses tindakan dan pada saat selesai tindakan. Fokus observasi adalah
aktivitas guru dan siswa, mulai dari awal hingga akhir pembelajaran.
b. Merekam
data aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan format observasi, pedoman
wawancara dan hasil pembelajaran.
3. Refleksi
Menganalisis,
memahami, menjelaskan dan menyimpulkan hasil dari penelitian pada tahap
refleksi. Guru peneliti bersama pengamat menganalisis dan merenungkan hasil
tindakan pada siklus tindakan sebagai bahan pertimbangan apakah pemberian
tindakan yang dilakukan sudah efektif ataukah masih harus dicari alternative
tindakan baru yang diduga lebih tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan
keaktifan belajar pada mata pelajaran PKN. Alat alternatif ini akan ditetapkan
menjadi tindakan baru pada rencana tindakan pada siklus berikutnya. Demikian
seterusnya hingga seluruh siswa memperoleh nilai 70
C. Teknik
Pengumpulan Data
Pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes wawancara, pengamatan dan
catatan lapangan.
1.
Tes dilaksanakan pada awal dan akhir
pembelajaran tujuannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
terhadap mata pelajaran PKN
2.
Observasi atau pengamatan bertujuan
untuk mengetahui kesesuaian antara perencanaan dan tindakan
D. Teknik
Analisis Data
Teknik
Analisis Data penelitian adalah data aktivitas guru dan siswa mulai dari awal
hingga akhir pembelajaran. Menganalisis keterlibatan siswa dalam proses belajar
menganalisis aktivitas guru dalam memberikan materi menganalisis hasil belajar
siswa dengan memberikan tes secara individu.
Lembar Observasi
Siswa
No
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||||||||||||||||
|
Perhatian
Siswa
|
Keberanian
Berpendapat
|
Menghargai
Pendapat
|
Pelaksaan
Tugas
|
Keberanian
Menjawab
|
||||||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Keterangan :
Aspek 1 : Perhatian Siswa
Aspek 2 : Keberanian Berpendapat
Aspek 3 : Menghargai Pendapat
Aspke 4 : Pelaksanaan Tugas
Aspek 5 : Keberanian Menjawab
Skor
Sangat Aktif : 5
Aktif : 4
Cukup Aktif : 3
Kurang Aktif : 2
Sangat Kurang
Aktif : 1
Skala Keaktifan Belajar
Presentasi
|
Kriteria
Keaktifan Belajar PKN
|
90-100
80-89
65-79
55-64
0-54
|
Sangat Aktif
Aktif
Cukup Aktif
Kurang Aktif
Sangat Kurang Aktif
|
Tingkat
keaktifan dapat diperoleh dengan menghitung rata-rata presentase dengan
criteria keaktifan belajar.
Keterangan :
M (%) : Angka rata-rata persen
M : Angka rata-rata skor siswa
SMI : Skor Maksimal Ideal
Nilai yang
diperoleh siswa berdasarkan lembar observasi dan hasil tes siswa. Hasil
analisis yang diperoleh selanjutnya dikonvensikan dengan criteria penilaian
acuan patokan (PAP)
Kriterian PAP
Prersentase
|
Kriteria
Hasil Belajar
|
Kriteria
Keaktifan Belajar PKN
|
90-100
|
Sangat
Tinggi
|
Sangat
Aktif
|
80-89
|
Tinggi
|
Aktif
|
65-79
|
Sedang
|
Cukup
Tinggi
|
55-64
|
Rendah
|
Kurang
Aktif
|
0-54
|
Sangat
Rendah
|
Sangat
Kurang Aktif
|
No comments:
Post a Comment