JAM

Wednesday 1 April 2015

Pengertian Teks Ekspalanasi dan Teks Ulasan

Teks Eksplanasi

Eksplanasi berasal dari bahasa asing (Inggris) yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan (The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651). Pengertian Teks Eksplanasi (Explanation Text) adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. berikut adalah contoh teks Eksplanasi



Teks Eksplanasi Pelangi

Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang jelas.

Pelangi dan efek cahaya lain di langit di sebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari. Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Hal itu terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya. Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudian di belokkan atau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.

Pelangi hanya dapat di lihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan terkesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian luar. 



Teks Ulasan

Teks Ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya baik berupa film, buku, benda dan lain sebagainya.untuk mengetahui kwalitas kelebihan dan kekurangannya

contoh Teks Ulasan



teks ulasan

Assalamualaikum Beijing adalah sebuah film produksi Maxima Pictures yang bercerita tentang kisah kehidupan seorang muslimah di Beijing dan cinta dua insan yang beda agama dan negara. Film ini dibintangi Revalina S. Temat, Morgan Oey, Laudya Chyntia, Deddy Mahendra, Ibnu Jamil, dan lain-lain. Diproduseri oleh Yoen K, Ody Mulya dan disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Film ini juga merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari penulis bernama Asma Nadia. Yang menarik, kisahnya merupakan kisah nyata.

Dikisahkan, sehari sebelum pernikahan dilangsungkan, Asmara (Revalina S. Temat) mendapatkan kenyataan pahit bahwa kekasihnya, Dewa (Ibnu Jamil) ternyata sempat berselingkuh dengan teman sekantornya Anita (Cynthia Ramlan). Walau Dewa memohon
agar pernikahan tetap dilanjutkan, Asma terlanjur patah hati. Terlebih, hubungan sekali yang dilakukan ternyata membuahkan janin, Anita hamil.

Dengan membawa kesedihan, Asma pun menerima tawaran pekerjaan di Beijing, peluang yang didapatkan lewat bantuan Sekar (Laudya Cynthia Bella) dan Ridwan (Deddy Mahendra Desta), suaminya. Di Beijing dalam salah satu perjalanan, Asma bertemu Zhongwen (Morgan Oey), lelaki tampan yang memperkenalkannya akan legenda cinta Ashima, putri cantik dari Yunan.

Kebaikan dan perhatian Zhongwen, membuat Asma perlahan membuka hati. Walaupun sempat gamang ketika Dewa menyusulnya ke Beijing. Sayang, sebelum hubungan berlanjut, Asma terkena APS, sebuah sindrom yang membuat nyawanya terancam dan bisa menemui kematian setiap waktu.

Film yang dirilis
pada 30 Desember 2014 lalu ini kental nuansa film '99 Cahaya di Langit Eropa (2013)", terutama saat bagian Asmara menjalani kehidupan barunya di Beijing. Sepertinya, Guntur Soeharjanto memang sengaja kembali memberikan sentuhan film sukses tersebut pada Assalamualaikum Beijing. Mulai dari gaya narasi hingga gaya traveling dengan membawa kamera yang sangat identik dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa. Mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata khas Beijing dan Tiongkok yang sangat indah. Anda seperti diajak untuk merasakan serunya mengunjungi tempat wisata di sana. Dan yang pasti, hal itu akan menggugah Anda untuk jalan-jalan ke Beijing. Yang tak kalah menarik adalah begitu rapinya tata kota Beijing, mulai dari gedung, tempat umum, hingga transportasinya.
Dari sisi cerita, Guntur Soeharjanto lewat Assalamualaikum Beijing lagi-lagi cukup berani untuk menampilkan sebuah kisah cinta di mana di dalamnya terdapat berbagai perbedaan dan pertentangan budaya dan Agama. Di film ini Guntur juga kembali menggambarkan bagaimana kehidupan muslim sebagai minoritas di Tiongkok serta bagaimana mereka bisa membaur di tengah-tengah masyarakat yang sangat heterogen.

Meski memiliki cerita yang cukup serius dan melankolis, namun adanya Deddy Mahendra Desta dengan humornya membuat emosi yang ada di film Assalamualaikum Beijing ini menjadi dinamis. Anda tidak melulu akan melihat keharuan, melainkan juga komedi ringan yang bisa sedikit mengubah emosi dan suasana. Akting Revalina S. Temat juga patut diacungi jempol, terutama ketika Asmara jatuh sakit karena stroke dan itu bagian yang patut ditonton.

No comments:

Post a Comment

CERITA KISAH NYATA

“ TERUSLAH MELAKUKAN KEBAIKAN “ Ada seorang teman baikku menuturkan kisahnya. Dia bernama Rudi. Sore itu ia menemani ister...